Pilkada Bekasi - Panwaslu Bongkar Empat kasus Politik Uang

Posted by Simpatisan On Sunday, March 11, 2012 0 komentar

"Sejumlah pendukung Nero kedapatan membagikan uang kepada warga di Kecamatan Tambun Selatan oleh satuan tugas politik uang yang sengaja kami bentuk"
 
Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi Jawa Barat menemukan empat kasus dugaan politik uang yang dilakukan salah satu kandidat sehari menjelang pemungutan suara pilkada.

Ketua Panitia Pengawas Pilkada (Panwaslu) Kabupaten Bekasi, Mulyadi di Cikarang, hari ini mengatakan, laporan tersebut datang dari kandidat Darip Mulyana-Jejen Sayuti (Dahsyat).

Ketua tim sukses Dahsyat, Waras Wasisto mengatakan dua dari empat kasus yang dilaporkan kepada Panwaslu ditemukan pada Sabtu (10/3). Masing-masing dilakukan oleh kubu Neneng Hasanah Yasin-Rohim Mintareja (Nero) dan Sa'duddin-Jamalulail Yunus (Saja).

"Sejumlah pendukung Nero kedapatan membagikan uang kepada warga di Kecamatan Tambun Selatan oleh satuan tugas politik uang yang sengaja kami bentuk," katanya.

Modus yang dilakukan pelaku, kata dia, dengan mendatangi rumah-rumah warga untuk membagikan uang senilai Rp 60.000,- per orang sambil meminta penerimanya memilih pasangan nomor urut 1 yakni Nero pada 11 Maret 2012.

"Salah satu ketua RT yang melaporkannya. Kebetulan yang bersangkutan simpatisan Dahsyat, sehingga langsung melaporkannya untuk kemudian kami tindak lanjuti. Pelakunya satu orang dan sudah kami serahkan ke Panwaslu berikut barang bukti yang dibawanya," ujarnya.

Menurut dia, temuan kedua terjadi di Kecamatan Cibarusah. Pelakunya diindikasikan merupakan pendukung pasangan Saja.

Juru bicara tim sukses Saja, Zainudhin membantah kabar tersebut. Menurut dia, tidak ada instruksi melakukan politik uang dari pihaknya untuk memenangkan Saja.

"Justru kami menemukan dua aksi lain di Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Muaragembong. Dua-duanya dilakukan kubu Nero. Pelaku di Kecamatan Sukatani bahkan anggota Panitia Pemungutan Suara yang langsung dipecat karena tidak dapat bersikap netral," katanya.

Anggota tim sukses pasangan Nero, Daeng Muhammad enggan berkomentar seputar masalah tersebut. Alasannya, tugasnya menjalankan mesin partai PAN untuk memenangkan Nero.

"Tugas saya menggerakkan mesin partai untuk memenangkan pasangan ini," demikian Daeng.

Penulis: Antara/ Murizal Hamzah

http://www.beritasatu.com/megapolitan/warga-bongkar-politik-uang-di-pilkada-bekasi

0 komentar to Pilkada Bekasi - Panwaslu Bongkar Empat kasus Politik Uang

Post a Comment